Laman

Selasa, 06 September 2022

ZA SF95-002 HAYATE LIGER - Liger Zero Schneider Color Custom Paint :p

Assalamualaikum,..........

Nyahahahahahaha, seperti ane tulis di akhir postingan sebelumnya ini bakalan puaaanjang :D

Setelah bertahun - tahun gak ngrakit apa" akhirnya punya 'waktu' dan kesempatan buat kembali ke hobby satu ini, tapi seperti tertera di judul kali ini bukan gundam tapi zoids. Pengantarnya agak lebih panjang dari biasanya so bare with me. Zoids satu ini dari series Genesis (info lengkap bisa googling gaes), ane sendiri gak nonton series ini dan jujur lebih prefer tampilan zoids di series century sama century zero karena kesannya lebih mekanis dan robot banget. 

But, sayangnya 'mainan' yang rilisan resmi Kotobukiya entah itu figure atau HMM (model kit) sangat over budget sekali. Salah satu model yang jadi wishlist abadi adalah Liger Zero yang Schneider, dari dulu hingga sekarang ane tunggu dan amati harganya masih diatas sejuta. Kalo mau beli mokit keluar duit segitu kayak gimaanaaaaa gitu, karena terbiasa beli mokit yang puluhan atau maks beberapa ratus ribu jadi kalo sampe tembus jutaan amat sangat mamang sekali.

Kit ini bootleg, jelas karena ane mampu beli :3 tapi dari testimoni banyak orang kit ini jauh lebih baik daripada bootleg lain karena masih satu keturunan sama SuperNova (if you know, you know). Entah dari segi kualitas maupun kesulitan merakit (prosesnya bukan mekanismenya yakk). Lebih lengkap ane jelasin dibawah, dan karena ini mokit ane coba kasih pengantar di beberapa bagian.

Skuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuyyyyyy,..................





:: BOX dan RUNNER ::

Box nya gede dan runnernya buanyak tapi gak banget jadi yang udah terbiasa rakit gundam terutama RG atau MG pasti bisa handle ini dengan mudah. Sedikit tambahan, dulu ada bootleg merk STK yang sebenernya ane pernah beli tapi yang Schneider blue, jadi Liger Zero Schneider pake booster dan warnanya Jeager. Meskipun gasempet rakit karena kalah sama kebutuhan, ane sempet amboxing dan  seinget ane runner sama part lebih banyak serta lebih rumit daripada yang satu ini (plek HMM soal e).














:: PAINT ARMOR ::

Disini ane cuman cat sebagian armor, jadi yang merah diganti ke orange terus yang kuning (sebagian) diganti ke biru muda. Pokoknya gimana caranya mendekati tampilan Liger Zero Schneider lah. Part lain seperti frame sama armor warna putih ane sengaja gak cat dan beberapa part  macam cakar, taring, sama part di dada diganti warna silver buat aksen aja :) . Sisanya you migh see the picture below :)















:: HEAD ::






:: BODY ::

Body ini kalo di kitabnya langsung body dan booster tapi ane sengaja pisah biar makin panjang postingannya :3









:: BOOSTER ::

Nah, ini jadi salah satu pertimbangan kenapa ane pilih kit ini, karena ZA (atau SuperNova) udah rilis 3 mokit Liger berdasarkan Zoids Genesis Series dan ane ngerasa ini yang paling cocok kalo mau di kastem paint warna Schneider :)












:: PAW ::

Salah satu part yang lumayan menguras tenaga karena masing" yang warna kuning tuh cauwilik puuoool. Bagian kepala ada part kecil dan ngganggu tapi cuma 2 biji, lah ini ada 32 biji dan bersihin nubmark segitu banyak amat sangat menguras tenaga. 





last touch ganti warna silver buat cakarnya :o




:: FRONT LEFT LEG ::







:: FRONT RIGHT LEG ::






:: BACK LEFT LEG ::







:: BACK RIGHT LEG ::






:: TAIL ::

Part terakhir terpaksa dibongkar pasang beberapa kali gara" selain kabel sulit banget masuk ke lubang dan ring warna kuning itu kalo udah kepasang hampir mustahil dilepas. Rencana awal part ekor 4 biji tuh ane biarin kuning buat aksen aja kayak di part body sama kaki. Waktu udah kepasang semua kok kayak timpang, akhirnya di cat lah silver sama biru biar senada. Pas udah mau dipasang ane cek referensi lagi kalo ada orange nya makin mantap nih kayanya. So, that's it yang seharusnya selesai paling cepet malah gak kalah makan waktu.









:: COMPLETED ::

Nah, ini langsung sekalian jebret - jebret, terus di akhir ane simpulkan seperti byasaaaaah :)















:: SIZE ::

Ane gak ngukur pake penggaris atau alat lain yang bisa ngasih angka jadinya gak bisa detail, ini cuma komparasi sama SHF Amazon SS dan HG Valvrave Hiuchiba buat kira" segede apa kit ini alo udah jadi :)







:: FINAL THOUGHT ::

Overall, Not the Best but totally satisfied :) Not the Best karena pake SC dan ane gak yakin kalo ane pas ngecat tuh rata. Untungnya ketolong kamera jadi di mata ane udah Bagus banget pooollll. Terus kan ZA udah rilis 3 Liger tuh, Murasame (Biru), Hayate (Merah), sama Mugen (Putih). Sebenernya pilihan awalnya Mugen Liger karena pedang nya 2, bolt di kaki udah warna merah, tampilan tajam". But, akhirnya setelah ane amati Hayate ini lebih mirip Schneider daripada si Mugen. Selain Booster (yang Mugen gapunya), pisau juga 2 cuman beda posisi aja trus blade di kepala, sama part putih yang mirip telinga kelinci itu (ane sengaja biarin putih biar warnanya gak nabrak sama booster nya), dll :D . Akhirnya setelah ter eksekusi perkiraan ane gak salah. 

Mungkiiiiiiiin, kalo pun pake Mugen ane bakal tetep totally satisfied dan tetep not the best karena ngecatnya juga tetep pake SC :D yaaaaahh yang sudah terjadi biarlah terjadi. Siapa tau ntar ada banyak rejeki bisa beli dan repaint Mugen pake color scheme yang sama :p . Semoga aja gak terjebak hobi yang lain. Bahas rakit merakit nih, sekian lama gak rakit merakit tangan masih agak kaku jadi banyak nubmark masih berserakan dan kalo dipaksa bersihin ntar part nya coak (gapunya amplas gan). Seperti ane jelasin di foto" kemasan, kalo udah terbiasa atau pernah rakit RG atau MG Gundam apalagi PG Gundam pasti bisa handle mokit ini dengan baik. Waktu rakit sih ane butuh 15 jam lebih dan itu diluar ngecat dan nunggu, ini cuman potong sama bersihin (such a noob) . Suwe nemen kan, kalo di rivyu - rivyu orang" cuman butuh 9 - 10 jam aja. Kok cepet ?? karena plastik-nya sendiri lumayan empuk dan enak dipotong, semua part snapfit pas, agak lebih baik dibanding merk-merk bootleg lain. Ane aja yang masih cupu :p (Hyaaaa, Si Paling Tau Bootleg critanyaaa) .

Kit-nya sendiri pas udah selesai semua amat sangat pose-able, karena yang di cat cuman armor aja jadinya cat gak begitu ngaruh ke artikulasi (meskipun itu armor terasa lebih tebhaaalll jadi masangnya juga effort). Desain body nya malah yang bikin beberapa pose terbatas, dan sampai post ini dibuat pas dimainin gak ada part yang too tight atau too loose apalagi sampai copot. Bisa jadi karena partnya kena cat jadi makin rapet nempelnya :p who knows kan yakk. Sebenernya ini masih bisa lebih poll kalo misal bolt" di kaki tuh di repaint merah sama part kuning nya di emasin (instead of silver), tapi karena ane sendiri udah gak sabar pengen cepet jadi dan mamang banget beli cat cuman buat kuku sama baut yaudah apa adanya aja :3

SEPERTI ITU,.....!!!!! Kalo ada yang baca ini dan sama kayak ane minat sama Zoids cuman budget sangat terbatas, ini sangat bisa jadi alternatif. Cuman ya itu pilihannya gak sebanyak HMM nya Kotobukiya. Selain 3 Liger yang ane sebutin diatas ada juga Berserk Fuhrer sama Sturm Tyrant tapi warnanya putih, terus ada lagi Death Stinger cuman skalanya 1/50 gak 1/72 jadinya lebih gede. Tentu harganya lebih mahal cuman gak semahal Kotobukiya :) Coba saja gausah direpaint cuman dirakit juga sudah puas (y)

Dah Lah,..!! Gak ada lagi yang bisa ditulis pokoknya ane sangat lega karena akhirnya punya ZOIDS :)

Next,.......
.
.
.

.

.

.

Pas naruh Hayate di lemari, ane sekalian bersih" figure. Pas ane periksa di blog ada beberapa koleksi shf yang belum ane post. Mayan kan yakk kalo sebulan 1 bisa buat 2 - 3 bulan :D sembari nunggu siapa tahu ada koleksi baru yang lain :D

.
Terima Kasih,....
Wassalamualaikum,..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar